An E-mail from My Friend: Aku dan Batik

This e-mail was originally sent by my friend, Asyharul Fityan, on September 29, 2011, about his thought and feeling regarding on Batik Indonesia. At first, I was really surprised while reading it. I was not asked him wrote anything, but suddenly he sent it to me. It is what we called the character, of being in loved with batik. As my vision about batik is broader now, I see this thing as another kind of things that we could do to show our passion and love with Batik Indonesia.


Batik bukan sekedar produk sandang biasa.
Batik adalah identitas bangsa Indonesia.
Bahan bakunya adalah gambaran kekayaan tanah Indonesia.
Tehnik pembuatannya adalah bukti bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang terampil dan tekun dalam mencapai tujuannya.
Dari motif dan filosofi di dalamnya, dunia bisa melihat nilai-nilai luhur dan budi pekerti kebudayaan Indonesia.
Sehelai kain batik adalah pusaka, buku, dan guru bagi generasi-generasi berikutnya.
***
Seperti bayi-bayi lain di kampungku dulu, aku juga merasakan nyamannya berada di dalam gendongan kain batik yang melilit tubuh ibuku. Beliau pernah bercerita, aku seringkali tertidur di dalamnya sambil menyembunyikan wajahku di sela ketiaknya. Biasanya beliau lalu menggoyang-goyangkan tubuhnya dengan teratur. Dan sejak saat itu entah mengapa kain batik menjadi definisi untuk sebuah kenyamanan.
Lebaran yang lalu, aku pulang mudik ke rumah orangtuaku di Kepuhdoko, Tembelang, Jombang. Aku tak sengaja saat menemukan sebuah kain yang terlipat rapih di dalam lemari bajuku. Aku ingat betul kain itu. Iya, itu kain batik yang dulu menjadi kantung tidurku. Kain itu sudah lusuh, beberapa bagiannya bahkan sudah robek, mingkin karena rapuh. Sehelai kain yang aku yakin akan selalu membuatku nyaman saat disentuhnya. Aku mengambilnya, membawanya ke Jakarta, dan menjahitnya menjadi sebuah baju.
Setiap kali ada yang bertanya, aku dengan bangga berkata:
“Ini kain batik dari masa kecilku.
Saksi bahwa aku pernah lahir di tanah Indonesia.
Bukti bahwa darahku masih Indonesia.
Dan dengan menjaganya, aku menjaga masa depan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

