Ini hari terakhir gue bakal ada di Seoul untuk trip kali ini. Its been a very tiring 9 days before. Tiap hari gue bangun pagi, tidur pagi. Gak sadar, badan semuanya udah pengen rontok. Gue memutuskan untuk keluar hotel sedikit siang dari biasanya. Jam 11 siang gw berangkat ke tempat janjian pertama, salah satu palace yang sebenernya udah gue datengin pas Preconference Tour, Gyeongbokgung Palace. Kenapa gue mau dateng lagi? Pertama, karena pas gue dateng ke sini kamera gue baterenya abis. Kedua, di jam 13 siang, ada sejenis upacara pergantian penjaga palace ini. Jadinya, gue dan beberapa temen-temen dateng buat liat. Ada gue, Tridan, Hazki, Roy, Bagus, Naldi, dan Nanda di trip ini. Buat nonton upacara ini sebenarnya gak perlu bayar, tapi awalnya gue pikir bakal masuk ke dalem, dan terlanjurlah gue beli tiket seharga 3000 won. Sekali lagi, palace ini adalah yang terbesar di Seoul.

Langsung setelah diterjang panasnya matahari Seoul di siang bolong, kita menuju Jamsil. Utamanya mau ke Lotte Mart, ya, sama kayak yang ada di Jakarta. Sebelum itu, kita pada makan siang dulu, di Lotteria, fast food nya Lotte. Gue beli paket berdua Nanda, isinya 2 burger (shrimp & beef bulgogi), french fries, 2 chicken strips, 2 mozarella cheese chicken sticks, dan 2 soda. Harganya 11000 won.

Di sini ada Lotte Department Store, sejenis Sogo, ada Mart nya, kayak yang ada di Jakarta, sama ada Lotte World, sejenis Dufan Jakarta yag pernah gue ceritain di awal. Ini kompleks Lotte yang cukup besar menurut gue.

Selesai dari Lotte, langsung pindah lagi ke Olympic Park. Di sini wilayah olimpiade yang pernah diadain di kota ini tahun 1988. Beberapa bangunannya keliatan tua, tapi masih terawat. Lapangan tennis nya lagi diperbaiki, bangku penontonnya diganti. Pas gue masuk, kebetulan banget lagi ada 1st Live Concertnya 2NE1, mungkin salah satu vocal grup nya Korea, inilah foto-foto bak penonton konser.

Oh ya, tim perjalanan hari ini cowok-cowok semua. Bagus, Roy, Tridan, Naldi, Hazki, dan gue. Si cewek-cewek Sarah, Keshia, dan Nisa udah duluan pulang ke Indonesia hari ini.

Habis itu, udah lewat jam 18 kita cabut dari Olympic Park, karena kondisi keuangan yang mendesak, dan menimbang bahwa ini adalah malam terakhir di Seoul, kita memutuskan untuk makan nasi goreng kimchi yang dimasak di meja kita, salah satu franchisenya ada di daerah Myeongdong. Jadilah ini kunjungan ketiga gue ke daerah ini. Gue berdua sama Bagus semeja, mesen nasi goreng kimchi ayam lagi. Tapi ada tambahannya mi, jenisnya lupa, hehe.

Setelah makan malam, kita rencana ke Banpo Hangang Park. Taman di pinggir Hangang River, yang dari atas jembatan ada pancuran sinar lampu yang kayak pelangi. Tapi, sayangnya waktu kita ke sana, lampunya gak nyala. Alhasil kita duduk-duduk di pinggir sungai yang menurut gue lebar banget, ditemani oleh eksperimen kamera Tridan dan Hazki. Di taman ini ada jalur sepeda yang super besar, ada juga penyewaan sepeda, kalo ga salah 3000 won bayarnya.

Penutup yang sempurna buat trip gue kali ini. Gue dapet excitement dari banyak aspek. Modern dan tradisional, mall-club-palace-museum-meal-shopping-culture excitement, experience and priceless friendship.

Mungkin di sepuluh hari ini, gue harus bersyukur untuk banyak hal yang gue dapet, pengalaman yang ga mungkin gue dapet kalo gue ga memberanikan diri untuk nyoba.

Terima kasih Papa, terima kasih HPAIR, terima kasih Seoul, terima kasih teman-teman.🙂

Satu pemikiran pada “South Korea Day 10: Gyeongbokgung Palace part II, Lotte Mart Jamsil, Olympic Park, Myeongdong part III, dan Banpo Hangang Park

1. pengalaman yg hebat..salut bgt!!!