South Korea Day 8: National Museum of Korea, The Memorial War of Korea, Insadong part II, Myeongdong, dan Cheong Gye Chong River part II

Penjelajahan di hari setelah tidak ada konferensi, akan dirancang seiring dengan banyaknya rencana di masing-masing kepala. Buat yang gak punya tujuan khusus, mengikuti rombongan adalah pilihan yang baik, daripada manyun sendirian, hehe. Tim kita hari ini terdiri dari Tridan, Bagus, Nanda, Nefrit, Roy, Hazki, Naldi anak ITB, Sarah dan Keshia dari Unpad, sama si Nisa dari UI. Janjian jam 9 pagi, tapi seperti layaknya, kita berangkat jam setengah 11 dari meeting point langsung menuju National Museum of Korea.

Sampai di Museum ini, gue takjub sama bangunannya. Empat lantai, desain modern, space buat tiap pajangannya lega, semuanya well-organized. Ini foto-fotonya.

20110828-231109.jpg

20110828-231152.jpg

20110828-231206.jpg

20110828-231223.jpg

20110828-231214.jpg

Gue percaya, Indonesia bisa punya museum sekeren ini. Bahkan untuk ukuran gedung yang gue datengin ini menampung buat satu negara, gue yakin buat tiap pulau atau bahkan provinsi di Indonesia bisa punya satu museum sendiri segede ini. Asal dibikin bagus, rapi, bersih, gue percaya, masa depan anak Indonesia bisa makin deket sama sejarah. Karena peninggalan sejarah harus segera dilindungi, gue rasa pembangunan museum yang keren itu harus disegerakan, sebelum banyak peninggalan sejarah kita yang punah, dan ga ada lagi anak cucu kita nanti yang bisa tau gimana kakek nenek nya hidup jaman dulu.

Lanjut, ke The Memorial War of Korea, museum perang Korea. Jadi, bukti sejarah perang mereka semuanya ada di sini. Di gerbang masuk, gue disambut dramatis sama patung besar, di mana ada gambar dua prajurit lagi rangkulan, ini dramatis banget. Yang satu kayaknya habis kena tembak atau kenapa, jadi lagi dibopong sama temennya, beneran deh dramatis.

20110829-064931.jpg

Masuk lagi, gue liat ada Clock Tower, di atasnya ada jam. Ga jauh dari tower ini, ada jam mati di dalam boks transparan. Ditulis kalo jam ini akan dipasang dengan waktu ketika terjadinya Reunification antara Korea Utara dan Selatan. Ini lebih keren menurut gue, mereka masih menunggu persatuan itu.

Ini Clock Towernya

20110829-064951.jpg

Ini jam yang bakal dipasang kalo unification nya terjadi.

20110829-065522.jpg

20110829-065538.jpg

Ini dinding isinya nama-nama korban perang. Ada banyak sisi dinding kayak gini. Banyak banget, men. Really.

20110829-065552.jpg

Muter-muter di dalem, gue nemuin banyak pameran yang keren, ada shooting arena, experience room (jadi kita duduk di kursi simulator gitu, ngerasain perang di atas pesawat, buat ukuran free of charge dan 3D, ini keren).

20110829-070754.jpg

Ini salah satu patung yang berhasil bikin gue merinding bukan kepalang. Mungkin feel nya gak nyampe lewat foto, tapi jujur, gw merinding cukup lama liat patung ini. Istri seorang prajurit yang lagi nerima surat berita kematian suaminya, dan si anak yang nangis ngeliat ibunya nangis. Air matanya dilukis keliatan masih basah, gue jadi ngerasain kesedihannya lebih nyata, ya ekspresinya sempurna.

20110829-065609.jpg

Oh, ya, pas masuk museum ini kita gratis, kalau gak salah karena 15 Agustus yang lalu, mereka baru ngerayain Independence Day.

Selesai, kita bergerak ke Insadong. Gue sih udah belanja banyak kemaren pas ke Insadong, jadi nemenin temen yang lain aja, sama kalo ada yang belom sempet kebeli, hehe. Oh ya, gue pikir tadinya harga barang di Insadong sama semua, ternyata beda-beda. Jadi, tetep harus hati-hati waktu beli. Nanda sama Nefrit pisah di Insadong.

Lunch di Insadong, semeja sama Sarah, Hazki, Roy. Makan beef apa ya ini? Sejenis teriyaki mungkin, tapi bumbunya sedikit. Harganya kalo ga salah 15000 won satu porsi.

20110829-070745.jpg

Lanjut ke Myeongdong. Kalo Insadong jual lebih ke barang-barang tradisional, di Myeongdong lebih jual barang modern. Macam-macamnya Zara ada 3 toko di area ini, H&M ada 4 kalo ga salah, The Face Shop mungkin ada kali 5 toko. Ada juga barang tradisionalnya, tapi gak sebanyak di Insadong.

Makan malem di Myeongdong juga, ada restoran unik, gue gak tau namanya. Jadi, mereka masaknya di meja kita. Porsinya banyak. Kita makan nasi goreng ayam bumbu kimchi. Dan ini adalah makanan pertama di Korea yang lengket banget sama lidah gue. Enak! Satu porsinya 5500 won.

Suatu sisi di Myeongdong

20110829-071048.jpg

Setelah itu, kita ke Cheong Gye Chong River, buat gue ini yang kedua kalinya setelah kemaren diajak Ryan. Foto-foto lagi.

Selesaaai hari ini. Kaki mau patah episode 1.

Tinggalkan Balasan

