South Korea Day 7: Academic Plenary, Panel Session 3, Seminar “International Finance and Governance: An Asian Perspective”, Seminar “Human Security and Development: A Responsibility to Protect and to Provide”, Gala Dinner, and HPAIR 2011 Asia Conference Closing Ceremony

Hari kelima sekaligus hari terakhir rangkaian acara Harvard Project for Asian and International Relations 2011 Asia Conference. Acaranya diadain lagi di COEX. Acara pertama hari ini adalah Academic Plenary diisi sama moderator Richard Lui, jurnalis Amerika dan news anchor MSNBC, dia juga merupakan orang Asian American laki-laki pertama yang jadi pembawa berita harian di cable TV Amerika Serikat. Pembicara pertama Ambassador Wendy Chamberlin, President of Middle East Institute, mantan duta besar Amerika di beberapa negara, dan veteran di US Foreign Service. Pembicara kedua Dr. Chung Min Lee, Dean of Graduate School of International Studies and the Underwood International College at Yonsei University. Pembicara yang terakhir Ambassador Domingo Siazon, Senior Advisor to Metrobank Philippines, the Chairman of the Advisory Board of Metrobank China, and the Director of Toyota Motor Philippines Corporation.

Panel sesi ketiga menitikberatkan sama energy policy di Asia. Pembicara di hari ini banyak yang pakar di bidang economics dan policy. Pembicara pertama Dr. Suh-yong Chung, Associate Professor in the Division of International Studies at Korea University dan ahlinya di bidang sustainable development law dan policy. Pembicara kedua Daeyoung Park, memberi arahan atas environmental, health, and safety law and regulation nya China, Japan, Korea, Hong Kong, Taiwan, dan EU ke perusahaan global. Pembicara terakhir dari panel ini adalah Prof. ZhongXiang Zhang, Senior Fellow at East-West Center, publikasi yang ratusan dan pengalamannya yang luar biasa di bidang ekonomi dan pengaturan lingkungan.

Seminar “International Finance and Governance: An Asian Perspective” oleh Masahiro Kawai, The Dean and CEO of the Asian Development Bank (ADB). Analisis dan presentasinya terhadap ekonomi Asia gue acungin jempol. Dia berhasil bikin analsis yang berasa mendalam sama ekonomi Asia, dan berhasil menyampaikannya dalam kemasan yang menakjubkan. Sekali lagi, gue bukan pakar ekonomi sama sekali. Banyal terminologi yang gue gak tau dan baru tau di konferensi ini, tapi, gue gak pernah keberatan buat belajar banyak. Well, seminar ini berhasil jadi input yang berarti buat gue.

Seminar “Human Security and Development: A Responsibility to Protect and to Provide” oleh Brendan Howe, Associate Professor of International Relations, dan menjabat sebagai Associate Director of the Institute for Development and Human Security at Ewha Women’s University. Dia ngejelasin dari pengertian dasar sampe berbagai implikasinya tentang Human Security. Manusia harus bebas dari banyak hal buat dapet hak dasarnya. Dan inti dari semuanya adalah, ini tanggung jawab seluruh manusia untuk melindungi dan menyediakan keamanan bagi dirinya sendiri.

Jam 6.15 sore, selesailah semua sesi seminar, panel, dan plenary untuk konferensi kali ini. Masih ada satu jam lebih buat Gala Dinner dan Closing Ceremony. Gue udah janjian sama Ryan, dan dia emang udah nungguin di luar ruangan seminar terakhir gue. Kita jalan-jalan di COEX Mall, liat-liat mall yang teryata gede banget ini, padahal cuma satu lantai.

Sampai akhirnya tibalah saatnya Gala Dinner, a black-tie celebration of the conference. Bertempat di Intercontinental COEX Hotel Harmony Ballroom, yang lagi-lagi luar biasa. Semua delegasi berpakaian formal dan ini saat terakhir kita saling ketemu di konferensi ini. Gue duduk di sebelah Yvonne, mahasiswa Boston University yang tinggal di Hong Kong berasal dari Singapore, multinational sekali. Ramah, cantik, dan supel.

Acara dimulai dengan speech dari Minister Ju-Ho Lee, South Korea’s Minister of Education, Science, and Technology. Dari pidatonya, gue ikut ngerasain kebanggaan beliau terhadap apa yang udah kita lakukan beberapa hari ke belakang. Mungkin cuma lima hari, tapi, apa yang kita lakuin, bakal jadi sesuatu yang penting, gak cuma buat negara masing-masing, tapi juga buat dunia.

Minister Ju-Ho Lee in his speech

20110826-103711.jpg

Gala dinner dimulai. Fine dining yang menuntut table manner diperlukan. Di sinilah pelajaran table manner yang dulu pernah gue dapet akhirnya kepake juga. And really matter, bukan sotoy, tapi jangan pernah sepelein table manner. Banyak yang sok acuh dan gak peduli sama table manner, tapi hal kecil ini bakal nunjukin kepribadian lo. Bukan sok tau, tapi jadi lebih baik itu gak ada salahnya.

Suasana Gala Dinner

20110826-103945.jpg

Appetizer pertamanya sejenis crabmeat something, dan, amazingly, ini enak. Awalnya daun-daun yang di atasnya gue pikir bakal ganggu. Ternyata enak. Terus ada sup, ijo, gue lupa terbuat dari apa.

20110826-110007.jpg

Lanjut ke main course nya, beef tenderloin, medium cooked, lembut, enak. Tapi ga sempet gue foto, udah laper, hehe. Juga ada salad.

Dessertnya chocolate cake ntah pudding, pokoknya enak banget aja, haha.

20110826-110022.jpg

Setelah dinner, ditutup oleh pidato dari Jin Park, member of National Assembly of the Republic of Korea, dan juga member of the Knowledge Economy Committee.

Dan pidato terakhir, Michael Dukakis, petinggi Amerika Serikat, pernah jadi US Army di Korea, dan nominasi dari Partai Demokrat untuk Presiden US tahun 1988. Pidato ini yang akhirnya bikin gue merinding lagi, berkali-kali. Mr. Dukakis cerita banyak tentang pengalamannya waktu jadi eksekutif di Amerika, dia banyak melakukan kegiatan sosial, bareng istrinya. Di pidatonya, gue berkali-kali ngerasa bangga jadi bagian dari konferensi ini. Kita selalu disebut sebagai “Future Leader”, dan buat gue, ini jadi frase yang gak sepele. And yes, gue sadar, kita semua anak muda punya beban itu. Tinggal milih aja mau jadi apa. Satu kalimat yang gue inget dan jadi pamungkasnya pidato ini, dia bilang, “Go out and change the world”. Wwaaaaawww, merinding gue makin gokil, gue sesuatu. Sesuatu either buat negara gue, atau buat bagian yang lebih besar. Gua bukan cuma anak ingusan yang harusnya seneng-seneng.

Pidato ini sempurna banget nutup rentetan konferensi ini. Gue akan buktiin kalau gue bakal jadi sesuatu.

Akhirnya, kedua Executive Director dari konferensi ini, baik dari panitia dari Harvard University dan Yonsei University menyampaikan closing remarks mereka. Dan dramapun terjadi, semua panitia dipanggil ke atas panggung. Kebayang banget betapa banting tulangnya mereka bikin acara kayak gini. Gokil. Gue percaya semua delegasi yang lain bakal ikutan ngacungin jempol buat suksesnya acara ini. Semuanya berjalan rapi, walaupun ada pasti kekurangan, tapi acara ini excellent buat gue.

Ini panitia-panitia dari kedua orginizing committee.

20110826-103956.jpg

Selesai itu, kita semua para delegasi pamit-pamitan. Yang belum sempet foto bareng, saling cari-carian buat foto bareng. Ini momen yang paling gue benci, perpisahan. Setelah 5 hari bareng, akhirnya harus pisah, dan pamit.

Yang di tengah, itu Yvonne

20110826-104209.jpg

Sangwoo Kim a.k.a. Ryan

20110826-104253.jpg

Karl Aichhorn

20110826-104532.jpg

Raynard Yu

20110826-104549.jpg

Masatoshi Honda

20110826-104606.jpg

Sungwon Han

20110826-104914.jpg

Taek Won Kim

20110826-105053.jpg

Soyoon Jang

20110826-110351.jpg

Juhee Hong

20110826-105113.jpg

Masashi Tsujinaka

20110826-105953.jpg

Gue lupa nama mbak ini, tapi ini si mbak panitia yang jadi translator dadakan

20110826-105211.jpg

Last, but not least, Joongmin Danny Kim, Executive Director, Yonsei Organizing Committee

20110826-105246.jpg

Damn, I wish it could be longer, tapi ada dunia nyata yang nunggu kita dan action kita. Ambil sertifikat, dan lanjut ngobrol dan ketawa sampe hampir tengah malem.

Intinya gue udah dapet banyak dari konferensi ini. Ilmu, teman-teman yang luar biasa, dan yang paling mahal, pengalaman. Gue ngerasa bangga jadi bagian dari pemuda dunia yang harusnya punya peran penting di masa depan.

Kalau para orang hebat aja percaya para delegasi bakal jadi orang hebat, kenapa gue gak?

Tinggalkan Balasan

