South Korea Day 4: Business Plenary, Panel Session 1, Seminar 1, Special Focused on International Relations, COEX Mall, dan Itaewon

Hari kedua rangkaian acara HPAIR. Well, dibuka dengan Business Plenary, semonar tentang ekonomi Asia, gimana posisi negara-negara maju Asia kayak Cina, Jepang, dan Korea menguasai dunia, gimana posisi negara gue di antara kekuatan super negara Asia yang lain, semuanya dibahas dari aspek yang beda. Ada 3 pembicara, yang pertama Matthew Ginsburg, Managing Director Barclays Capital, kedua Khee-Hong Song, Managing Partner Deloitt Consulting Korea, yang terakhir Jongnam Oh, Senior Advisor Kim & Chang.

Foto di depan bendera Indonesia yang ada di COEX Mall West Gate.

20110820-203414.jpg

Dilanjutkan ke panel yang gue pilih dari awal, nama panel gue Green Dominance: Asia’s Emerging Leadership in International Environmental Regulation and The Renewable Energy Market, atau simplenya, nama panel gue, Political Economy of Environment and Energy. Jadi, selama konferensi ini, gue memilih untuk menitikberatkan pengetahuan gue di bidang ekonomi politik berkaitan sama lingkungan dan energi. Bakal banyak ngebahas tentang energi ramah lingkungan, energi pengganti yang terbarukan, dan sekitarnya. Di panel sesi pertama ini, ada 3 pembicara, yang pertama Dr. Young-Ho Chang, Assistant Professor of Economics, Nanyang Technological University Singapore, yang kedua Dr. Tsutomu Toichi, Senior Managing Director IEEI, sama yang terakhir Prof. Hiroyuki Ozaki, dari Tokyo University of Technology. Intinya panel kali ini ngasih tau tentang panel yang gue ambil. Overview keadaan energi dunia, posisi masing-masing negara di Asia, banyak lagi.

Habis itu, istirahat lunch dan ada career fair. Career fairnya sebagian besar adalah perusahaan sponsor, kayak Google, Samsung, dan Daimler. Menggiurkan banget denger bisa kerjadi luar negeri. Tapi, karena basic pendidikan gue Geoscience, kecil kemungkinannya bisa menggunakan kesempatan career fair ini. Semoga ada jalan lain suatu saat nanti. Amin.

Masuk ruang lunch, damn! Ini keren banget, hall gede isinya round table, makanan disajiin buffet, dan semua makanannya ga ada yang normal.

Ini salah satu keadaannya.

20110820-203324.jpg

Dan ini makanan gue.

20110820-203552.jpg

Setelah lunch, dilanjutkan dengan seminar 1, From the Beijing Consensus to the Middle-Income Country Trap in China, disampaikan oleh Prof. Keun Lee, profesor ekonomi dari Seoul National University.

Sesi terakhir hari ini, adalah Special Focused on International Relations yang disampaikan oleh Dr. Moon Joon Chung. Dia orang hebat Korea. Pernah jadi calon presiden tahun 2002, jadi vice presodent FIFA tahun 1995-2011, banyak lagi deh. Isi pembicaraannya juga hebat jadinya.

Foto bareng Masatoshi Honda, mahasiswa University of Tokyo.

20110820-204342.jpg

Setelah konferensi hari ini selesai, gue dan beberapa temen-temen diajak dinner sama anak Korea di food court COEX Mall. Ini dinner gue seharga 3000 won saja, namanya Beef Gimbap, sejenis sushinya Korea.

20110820-204517.jpg

Mereka ramah sekali, namanya Sungwon Han, Taek Won Kim, sama ada beberapa gadis Korea yang gue lupa namanya, soalnya banyak, ada juga mahasiswa Austria namanya Karl Aichhorn.

20110820-204625.jpg
Dari kiri ada Hazki, Taek Won, gue, Karl, dan Roy.

Malemnya, dengan abstrak, karena gue ditinggal Hazki ke jembatan lampu pelangi, yang ternyata lampunya gak nyala, gue berdua sama Roy randomly ke Itaewon. Agak jauh sih, dari hotel. Sampe di sana, hidup banget, padahal udah jam 10. Banyak bule, dan sepertinya turis. Kayaknya ini pusat hiburan malam deh. Banyak toko-toko brand yang familiar di sepanjang jalannya. Emang Itaewon daerah begini, dia branding daerahnya seperti itu. Tapi berhubung gue ke sana udah kemaleman jadinya ga bisa liat atau beli apapun, hehe.

Begitulah perjalanan gue hari ini. Turut berduka buat Hazki yang udah ninggalin gue, di mana pintu kamar hotelnya roboh dan diomelin manager hotelnya. Semoga cepat sembuh. Hahahahaha.

2 pemikiran pada “South Korea Day 4: Business Plenary, Panel Session 1, Seminar 1, Special Focused on International Relations, COEX Mall, dan Itaewon

  1. Da itu ada gue lo di foto yg menggambarkan suasana makan siang iiiih hada paparazzi deh ternyata😛 nice posts btw memudahkan gue utk reminiscing HPAIR

Tinggalkan Balasan

