South Korea Day 1: Hong Kong Transit, Incheon, dan Seoul

17 Agustus 2011

Inilah awal cerita perjalanan gue di trip ke Seoul, Korea Selatan. Berangkat dari terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta jam 00.05 naik Cathay Pacific, pesawat gw terbang ke Incheon, Korea Selatan dengan transit dulu di Hong Kong yang merupakan homebasenya airline ini.. Transit 3 jam di saat beberapa toko masih tutup ternyata jadi pemandangan sendiri, ya, ada hikmahnya sih, jadi gak banyak ngeluarin duit, secara belanja di bandara adalah suatu pemborosan luar biasa, apalagi untuk ukuran hari pertama.. Di flight ini, gue bareng sama 7 temen-temen dari ITB lainnya yang juga ikutan konferensi yang diadain sama anak Harvard, yang namanya Harvard Project for Asian and International Relations 2011. Ada Roy, Naldi, Hazki, Iota, Arimbi, Hanna, sama Astrid juga..

Di atas foto gue bareng Hazki sama Naldi.. So far, bandara Hong Kong ini bisa dibilang mall yang lengkaplah. Semuanya ada, haha..

Oh, ya, dengan noraknya, gw sama Roy foto di tanda ruang tunggu yang sama kayak SMA kita dulu, 68. Ga penting, tapi, ya, terima aja, hehe.

Perjalanan dilanjutkan sampai akhirnya kita sampai di Incheon International Airport, Korea Selatan. Sempat ada beberapa perdebatan mengenai jenis transportasi apa yang dipake. Ada yang mau naik subway karena harganya relatif lebih murah (4000 won), ada yang mau naik bus soalnya bagasinya gak ribet tapi harganya lebih mahal (15000 won). Oh, ya, buat perkiraan aja, 1 won itu sekitar 8,5 rupiah. Menggunakan bis yang kursinya bahkan lebih empuk dan enak dari pesawat economy class kita tadi, akhirnya sampailah kita di Korea City Air Terminal, gak jauh dari COEX Mall, Seoul, jam setengah 6 sore waktu Seoul. Waktu Seoul sama kayak waktu Indonesia Timur, beda 2 jam dari Indonesia Barat. Nah, sempet bingung lagi, dari terminal ini, ke hotel naik apa. Dengan hokinya, ada shuttle gratis yang emang disediain sama hotel yang beberapa dari kita pilih. Thanks to Ibis Seoul Ambassador Hotel dan supirnya yang mirip personil SuJu. Haha. Gw yakin temen jurusan gue yang cewek bakal heboh kalo disupirin mas-mas ber-iPhone4 ini. Haha.

Sesampainya di hotel, yang ternyata kamarnya lumayan, dan yang terpenting adalah adanya wifi gratis. Coooool, that is somehow really cool.. Seoul katanya termasuk kota dengan wifi terdahsyat di dunia dan syukurnya sekarang gw lagi menggagahi kehebatannya.

Setelah magrib, sekitar jam setengah 8 malam waktu Seoul, kita keluar hotel buat muter-muter. Personilnya berkurang, kita cukup jadi F4 malam ini, gue, Roy, Hazki, sama Naldi. Empat cowok ganteng asal Indonesia ngiterin sekitar Gangnam-gu, dan bagian lain entah di mana sekitar COEX Mall. Well, mall ini gede bangeeettt, ga ngerti gimana bentuk sebenarnya.

Oh ya, pas kita dinner, ada satu hal menarik yang ditemukan sama Hazki. Kalo ternyata, orang-orang di sini pada balikin nampan dan piring kotornya ke tempat dia beli. Itu kebiasaan yang menarik banget sih, tapi ga kebayang kalo diterapkan di Indonesia, kasian petugas food court kita, nanti jadi kurang diberdayakan, hehe. Ya, anggaplah semua punya maksud sendiri.

Ini, makan malem gue, Grilled Chicken Omurice seharga 7000 won. Enaaaaak, ga boong. Pas ama lidah gue sih..

Sempet keliling blok-blok sekitar hotel, seru, tapi mallnya udah pada tutup di jam 8 malem.. Orang udah pada pulang. Oh ya, sempet ke Hyundai Department Store, barangnya mahal-mahal, bentuknya mirip Sarinah Jakarta yang lebih modern, haha. Nyobain vending machine-nya Cocacola company, ada Minute Maid rasa Leci Apel seharga 800 won.

Yaaa, blok sekitar hotel banyak jajanan, bar, restoran, cafe, swalayan semacam Seven Eleven. Seven Eleven di sini ga segaul di Jakarta loh, bersyukur kita punya Sevel yang keren, kayak di Senayan. Kursi dan mejanya dari plastik, malah jumlahnya dikit, yaa mungkin emang orang-orang di sini ga suka nongkrong di Sevel.

So far, hari ini sudah dimanfaatkan seoptimal mungkin. Total flight 9 jam lebih ternyata cukup menguras tenaga kita si para petualang ini. Besok bakal lanjuuut. Okeoke.

Satu pemikiran pada “South Korea Day 1: Hong Kong Transit, Incheon, dan Seoul

1. Lucu ya kalo senyum.. bibir bawah didorong keatas, bibir atas dibiarin lemes jd nekuk deh..