Teknik Geofisika atau Teknik Perminyakan?

Ya.

Itulah kebingungan yang kini melanda banyak sekali di antara keseluruhan 280 mahasiswa Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB angkatan 2008. Memang, selama setahun ini kami menjadi mahasiswa ITB, kami hanya berstatus sebagai mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) di bawah wewenang fakultas, bukan program studi seperti yang terjadi di Universitas Indonesia, dan yang lainnya. Memang sudah ada beberapa mata kuliah yang dikhususkan untuk fakultas kami, tapi tetap saja, kuliah lainnya masih serupa dengan fakultas atau sekolah lain yang ada di ITB untuk angkatan 2008-nya.

Penjurusan atau penentuan program studi akan dimulai semester 3. Apabila orang-orang bersaing ketat untuk masuk jurusan impiannya melalui UMB-UI (2008), SIMAK-UI (2009), atau SNMPTN, sesungguhnya, kami para mahasiswa ITB akan kembali bersaing ketat berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Ketersediaan Bangku untuk dapat masuk prodi (program studi) favorit.

Tidak ada yang salah dengan sistem ini menurut saya. Yang perlu dipersiapkan adalah mental kita untuk menghadapi tantangan dan ujian yang tak akan pernah berhenti. Betapa sulit sebelumnya saya bayangkan untuk dapat duduk menjadi salah satu mahasiswa ITB. Namun, ternyata, setelah berbangga-bangga menjadi mahasiswa ITB, kita harus bersaing lagi untuk dapat menjadi mahasiswa Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, Teknik Geofisika, atau Teknik Metalurgi (program studi di FTTM).

Ini momok yang terus menerus terjadi di tengah kalangan masyarakat. Sebagian besar masyarakat hanya tahu Teknik Perminyakan dan Teknik Pertambangan. Dan untuk beberapa mahasiswa selain mahasiswa FTTM, prodi-prodi inilah yang dianggap favorit dan lebih baik. Lagi-lagi, tidak ada yang salah dengan pendapat ini. Namanya juga pendapat

PATRA ITB

PATRA ITB

Sejak kelas 2 SMA, saya mengimpikan untuk bisa kuliah di Teknik Perminyakan ITB. Sehingga, alhamdulillah, akhirnya saya dapat masuk di FTTM. Dengan kata lain, tinggal selangkah lagi untuk mencapai impian saya tersebut. Namun, seiring saya juga dikenalkan dengan adanya Teknik Geofisika dan Teknik Metalurgi, entah mengapa. Semoga ini bukan keplinplanan saya. Selain karena persaingan IP yang begitu ketat, saya tidak lagi melihat Teknik Perminyakan lebih menarik dibandingkan lainnya. Memang, banyak sekali yang mengatakan “Wah, pinter ya, bisa masuk perminyakan”, atau hanya sekedar, “Jaket himpunan minyak keren banget..”.

Jujur, untuk beberapa saat di awal keberadaan saya di ITB, saya sering mengagumi senior-senior yang berada di Teknik Perminyakan –bukan berarti sekarang tidak lagi, tetap mengagumi–. Namun, ketika saya dihadapkan dengan pilihan lain, hati saya terketuk untuk mengetahui ‘apasih Teknik Geofisika?’.

Pemilihan jurusan melalui online website ITB akan ditutup tanggal 22 Mei mendatang. Berarti tinggal 6 hari bagi saya untuk memutuskan berbelok dari impian saya atau tetap berusaha dengan risiko ‘tertendang’ lebih jauh dari impian-impian saya.

TERRA ITB

TERRA ITB

Sampai hari ini, insyaAllah, saya sudah memutuskan untuk memilih Teknik Geofisika sebagai program studi pilihan saya. Mungkin ini hikmah yang dikehendaki Allah, apabila tidak ada sistem TPB seperti ini, kita tidak akan tau bahwa sebenarnya ada jalan lain yang insyaAllah lebih indah dan baik untuk kita.

Yang ingin saya sampaikan pada tulisan kali ini adalah

Pertama, tidak semua yang kita inginkan bisa terjadi. Kita boleh berusaha sekuat tenaga, tapi pada akhirnya, Allah-lah yang akan menentukan segalanya. Kedua, dengan adanya cara-cara tersendiri yang dipersiapkan oleh Allah untuk kita, kita harus percaya dan yakin bahwa semua itu sudah menjadi pelatihan yang terbaik untuk kita. Betapa sekarang sulit untuk menerima kenyataan dari jalan-Nya, suatu saat kita akan sadari bahwa betapa Allah sesungguhnya menyayangi kita sebagai umatnya. Ketiga, yang menjadi omongan orang lain belum tentu benar. Kitalah yang paling tahu apa yang terbaik untuk diri kita.

Semoga dengan ini saya dan kita semua akan selalu diberikan petunjuk yang terbaik oleh Allah. Belajar ikhlas menerima semua keputusan-Nya. Apapun yang diberikan oleh-Nya, insya Allah, itu adalah yang terbaik untuk saya dan masa depan saya.

Sampai jumpa di dunia perminyakan dan geofisika! :)

Sukses.

About these ads

128 thoughts on “Teknik Geofisika atau Teknik Perminyakan?

  1. hahahah..
    iya sih bener, semua pasti udah dikasih jalannya sendiri2 sama Allah..
    kita berusaha aja di 2 minggu terakhir ini
    tapi apa bener lo tertarik sama TG? karena lo ga menyebutkan di bagian mananya lo tertarik, hehe..
    mending lo pikirin lagi baik2, jangan terlalu pesimis dulu, masih ada 2 minggu
    dan pikirin juga knapa lo dulu sangat ingin masuk perminyakan, jadiin semangat buat 2 minggu ke depan
    seiring waktu keliatan jalannya kok, tenang aja
    banyak2 doa dan beribadah! solat tahajud malem2 sambil belajar, hehe..
    (aduh, kata2 gw bagus amat, sampe ga percaya ini gw yg komentar, haha)
    semangat hada, kita pasti bisa!! :D

    • iya ndin, pasti Allah punya jalan buat kita..
      hmm, iya sih ndin kata-kata lo yang “dan pikirin juga knapa lo dulu sangat ingin masuk perminyakan, jadiin semangat buat 2 minggu ke depan
      seiring waktu keliatan jalannya kok, tenang aja” itu bikin gw mikir juga ndin. Hahaha plinplan mode : ON. hahaha, thanks ya ndin. sukses juga buat kita :)

  2. hada dalem n bijaksana banget..amin2..semua ada hikmahnya

    semoga ini yg terbaik ya da^^

  3. itu andini marlita??

  4. waah sedih banget bacanya! i’m touched! subhanallah banget ya tulisan lo ini!! gw juga masih berpikir da tentang hal ini! allah lah maha bijaksana dan adil!!

    • alhamdulillah. smoga hati lo dibukakan Allah utk dpt menentukan pilihan yang terbaik juga ya mal.. sukses. :)

  5. subhanallah perkataannmu! iya terima kasih da, sama sama juga da! sukses loh !
    tadi bisa kan kalkuluss??

    da lo ngisi acara buat makrab ya!

  6. “Jaket himpunan minyak keren banget..”

    PALING KEREN JAKET TAMBANG DA! haha

    • haha, iya sih dlan, tapi kan pengaruh kepintaran anak2nya membuat jaketnya pun jadi keren haha. jadinya milih apa dlan? update terus ya dlan sama blog gw. :)

  7. promosi colongan sepertinya y.. haha
    setelah saya adalah telah merupakan berdiskusi dengan beberapa senior dari geofisika, geologi, dan minyak.. Dengan suksesnya berhasil 80% membulatkan TEKAD untuk memilih tambang (20% lagi nunggu dulu sampai dapet kesempatan diskusi sama lulusan tambang).
    lo gmn Da?

    • waah berarti diskusi lo dengan senior TG, GL, dan TM tidak membelokkan pilihan? ttp tambang dlan? gw insyaAllah TG. like what i wrote in this post ;)

  8. iya.. tinggal nunggu pendapat alumni tambang dulu sama Istiqarah InsyaAllah bakal jadi 100%.
    Semoga aja pilihan kita bener2 yang terbaik dh buat kita Da! AMIN

  9. da, kenal bg adek gak? yg ank cndana jg, yg kembar tinggalny di jati, anak om tafsillison. abdul rachman winata dan abdul rachim winata. Naah yg abdul rachim tu, bg adek, ank geofsika 06 da. kali bsa mbantu bwt mnentukan dan myakinkan diri dgn pilihan, :D
    smangat yaa!

    • mreka tmn abang aku kalo ga salah. ooh gitu, iya nanti aku coba cari bang adek. makasih ya infonya.. ;)

  10. wew…slm kenal, sy nina FTMD 08. Sy yg pinjem karil kamu ke zaldy,, maaf yah pitanya rusak.. :D
    yup,, sama bgt! sy juga dulunya mau material.. terus di ITB jd cinta fisika dan mesin.. ngerasa bgt kalo Alloh yg nunjukkin hambaNya.. yg pasti ngasi yg terbaik buat hambaNya….. keep FIGHT!!

    • subhanallah. seneng juga ada yang ngerasain hal yang sama ;) oh iya, waktu itu saya pernah ikut kuis di FB “siapa kamu di FTMD08?” trus saya dptnya “nina si…” (saya agak lupa) hehe, salam kenal ya :) update terus sama blog saya ya ;)

  11. hahaha… itu temen sy yg bikin.. nina si rajin dan pintar! wkwkwk.. itu fitnah bgt…
    okey.. tulisan2 km enak dibacaa… kalo ada waktu,, kunjungi blog sy yaa di http://yupninahamas.wordpress.com
    makasi…

  12. kuliah enjoy, ikut minat aja, geofisika keren juga

  13. yuk kita tunjukin UPN n ITB tuk mengolah minyak di Ambalat, biar g direbut Malaysia.nek ra gelem ngakoni UPN apik, awas kowe!!!!!!!!!!!

  14. geofisika…kereeen ! geofisika itu cuma ada di ITB aja ya kalau gak salah sama UPN Yogya ? hidup minyak

  15. iya,bener emang Allah punya maksud lain ke kita Da,tp sampe skrng masih blm tau apa maksudnya,
    saya juga masuk ke TG,tapi itu pilihan kedua,,
    y good luck aja lah buat kita berdua,,,
    artikelnya bagus2 Da,

    • pasti rean, Allah sudah menggariskan sesuatu untuk kita, yaa pinter2 kita aja menjalankannya.. hehe..
      goodluck for you too. see ya at campus.

  16. Apakah jurusan Ips di SMA bisa masuk Teknik Pertambangan, Kalo Bisa caranya bagaimana? Soalnya saya Program IPS di SMA tapi ingin masuk teknik pertambangan.
    Mohon di balas ke email Agunk_kc@ymail.com

    • Agung, sudah saya e-mailkan jawabannya. terima kasih ;)

      • mas, aq juga minta d email dunk. yang dari sma jurusan ips ada peluang gk untuk masuk perminyakan itb?
        aq dari ips tapi skrg ambil d3 teknik otomotif.
        ada peluang gk kira2 klo extend gitu?
        maksih sebelumny

  17. jeremy, emalinya apa?

  18. saya mau ngucapin makasih buat kakak yang udah ngepost info ini, sangat berguna bagi saya! saya juga anak SMA yang pengen msuk FTTM di ITB (mohon doanya). update terus ya kak infonya!

  19. Wah mas tulisannya bagus bgt.saya udh brkali2 pusing dlm memilih jurusan untuk smpai skrng pun msh pusing,kbetUlan saya skrng sdh kls 3.saya msh bngung nih antara t.perminyakan apa t.geologi.ad yg bsa ngsh saran g?skalian sma kelebhn & kkurngan k2 jurusan itu.kirim k email saya y.tjep_ajies@yahoo.com
    trims.

  20. Wah bagus bgt tU tulisannya.
    Kbetulan skrng saya dah kls 3,tpi saya mnghadapi masalah kaya kk,saya sdah memiliki cta2 untUk msk t. perminyakan,tpi sya tergoda dng jurusan lain yaitU t.geologi.menurut kk saya plh yg mna?kelemahan dan kelebihan dr 2 jurusan itU ap saja,agar saya tdk menyesal nantinya.trims
    kirim lwat email sya
    tjep_ajies@yahoo.com

    • terima kasih sebelumnya.
      sebenarnya semuanya tergantung ke depannya kamu mau kerja seperti apa. kamu milih perminyakan karena mau kerja di perusahaan minyak, atau memang karena suka dgn kerjanya?
      kalo cuma sekedar kerja di perusahaan minyak, gak cuma teknik perminyakan aja. ada t.geologi, t.geofisika, t.kimia, t.mesin, dan teknik2 yang lain juga bisa. tapi, kalo kamu mau tau bedanya t.perminyakan sama t.geologi,
      perminyakan itu lebih ke gimana caranya kamu bisa mengeksploitasi minyak dan gas bumi dari sumber yang sudah dieksplorasi oleh orang2 geologi dan geofisika. nah, jadi geologi dan geofisika itu kerjanya nyari minyak, kasarnya gitu. kalo t.perminyakan itu mompa minyaknya.
      bedanya t.geologi sama t.geofisika,
      kalau geologi itu nyari minyak dgn ngeliat struktur batuannya, jadi lebih ke lapangan. kalo geofisika, nyari minyak pake gelombang seismik, dan metode lebih lanjut. geofisika bisa indoor bisa di lapangan. gituu. semoga terbantu ya, aji.
      goodluck memilih jurusannya.

  21. Terima kasih atas infonya.
    Oia stu lg nie ka,dlm t.perminyakan itu kan ad subjurusan sperti t.reservoir,t.pRoduksi,t.pemboran dll.saya ingin menanyakan apakah saat kita kuliah nnti smua subjurusan tsb qta peljari?atau qta hrus memilih slah stu dri itu?
    Mohon bntuannya y ka.

    • saat sudah masuk jurusan t.perminyakan, kita akan belajar secara umum tentang teknik2 tsb. teknik2 subjurusan yang kamu sebutkan tadi merupakan peminatan lebih lanjut di dunia kerja saja. jadi, saat kuliahnya, tidak ada bobot lebih yang dibutuhkan untuk menjadi seorang production engineer, atau reservoir engineer. hanya peminatan saja, peminatan ini bisa didalami pada saat menjalani studi. dengan mempelajari matakuliah2 dibidang itu, akan terasa, bagian mana yang akan lebih menarik bagi kita. sukses.

  22. Saya roni
    saya ingin brtanya,untuk lulusan teknik perminyakan,bagian lapangan biasanya jabatan apA yg d dpt?
    Stu lg,untuk perusahan minyak yg mmpunyai pRogram fresh graduate trainee itu biasanya brp bulan skali dtng k kmpus2?perusahan apa saja yg mmpunyai program ini?
    Terima kasih.

    • biasanya untuk lulusan teknik perminyakan akan menjadi engineer di suatu perusahaan. kalau lulusan geofisika dan geologi bisa jadi engineer atau earth scientist. mengenai trainee, maaf, saya belum cukup info, nanti kalo ada info saya kabarkan lebih lanjut. terima kasih, Roni. sukses.

  23. helo gw ari di riau.,
    saya ingin bertanya,perusahan apa saja yg mempunyai program fresh graduate trainee??
    biasanya perusahan ini datang ke kampus2 setiap berapa bulan sekali?serta universitas apa saja yg biasanya di tangi oleh perusahaan tsb?terima kasih.

  24. Tulisan mas bagus jg.
    Mmang qta hidup di dunia ini pasti akan bAnyak bertEmu dengan pilihan2.
    Saya liat di tulisan yg lain,keluarga mas ini ada yg bekerja di chevron y!
    Kalo boleh saya tau,apakah chevron mempunyai pRogram freshgraduate trainee?selain chevron perusahan apa lg yg punya pRogram2 ini?
    Setiap brp bulan skali kira2 perusahaAn ini dtng k kmpus2 & kmpus2 ap saja yg d dtngi?mohon pencerahannya.terima kasih.

    • terima kasih. Roni, Ari, dan Rina, entah kalian satu orang yang sama, atau kebetulan menanyakan hal yang sama. tp mengenai training program ini saya belum terlalu mengerti. mungkin bisa dilihat di koran atau di web perusahaan2 yang kalian inginkan, untuk informasi lebih akurat dan lebih lanjut. terima kasih. sukses.

  25. Salam perminyakan, ,
    mas boleh nanya g?
    Saya dpt tawaran dri guru bk sya untuk pmdk di akamigas bAlongan,boleh mnta penjelasan g tntng akamigas ini,soalnya saya cri2 d google g dpt.kira2 lulus dri stu qta akan d tmpatkan d mana?apakah perbedaan antara t.perminyakan yg d s1 dan yg di D3 terimakasih.

    • yang saya dapatkan dari web, lulusan dari D3 Akamigas ini akan menjadi: Lulusan Diploma III bidang Teknik Perminyakan akan bekerja sebagai Operator Pemboran, Operator produksi dan operator pengolahan minyak dan gas bumi yang banyakbnayak dibutuhkan di Industri Perminyakan seperti : Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Negara (Pertamina), Perusahaan Minyak Asing seperti Production Sharing Contract (PSC), Technical Assistant Contact (TAC), Joint Operation Body (JOB) dan Service Conmpany yang mendukung Industri Perminyakan.

      untuk lebih lanjutnya, silakan kunjungi http://c.1asphost.com/akamigas/
      mungkin infonya lebih banyak di sana. sukses terus aji :)

  26. Salam perminyakan, ,
    mas boleh nanya g?
    Saya dpt tawaran dri guru bk sya untuk pmdk di akamigas bAlongan,boleh mnta penjelasan g, tntng akamigas ini,soalnya saya cri2 d google g dpt.kira2 lulus dri stu qta akan d tmpatkan d mana?apakah perbedaan antara t.perminyakan yg d s1 dan yg di D3 terimakasih.

  27. assalamu’alaikum…bang
    memang diberlakukannya tahap TPB di ITB mulai kapan ?
    sebelumnya,setahu sy c dulu kan masih langsung ke jurusan,kenapa sekarang harus ke fakultas dulu ?
    apa ITB mw meningkatkan mutu jurusan yang dianggap kurang favorit ya ?
    kan dengan adanya hal kaya’ gitu,persaingan masuk ke T.Perminyakan kan menjadi lebih susah ?

    • setau saya diberlakukannya sistem TPB itu sudah dari dlu. tapi sistem fakultas ini dimulai sejak 2007. kalo alasan dari ITBnya sendiri, saya juga kurang tau, tapi kalau secara umum, yang saya dapatkan maksud dan tujuannya bisa di baca dari tulisan saya di atas. agar kita dapat lebih kenal dengan jurusan-jurusan lain yang belum sempat didalami.

  28. asmkm…bang
    di Indonesia ini,memang Perguruan Tinggi mana saja yang membuka jurusan Teknik Perminyakan ?
    kalo yang negerinya ?
    saat nanti bekerjad di suatu instansi,apakah dilihat juga asal Perguruan Tingginya & apakah IPK nantinya sangat berpengaruh atau ada hal lain lagi yang mungkin berpengaruh ?

    • kalo univ yang ada jurusan teknik perminyakan, negeri, setau saya hanya ITB. tetapi di UI ada teknik gas dan petrokimia atau teknik kimia yang sejenis. lainnya teknik perminyakan ada di UPN yogya. kalau bekerja, semuanya tergantung dari kapabilitas kita masing2, meskipun sedikit banyak asal perguruan tinggi bisa jadi pengaruh. kalau IPK jelas menjadi salah satu patokan.

  29. asmkm…tanya lagi negh,bang…
    kalo di FTTM ITB,jurusan dgn peminat terbanyak mulai dari no.2 nya tuh apa ya,bang ? kalo nomor satunya kan udh jelas,T.Perminyakan…
    sama FITB juga…
    kalo jurusan T.Metalurgi itu jurusan baru ya,bang ?
    ko’ sy lihat referensi sebelumnya,baru ada tahun 2007 ?
    jurusan Pertambangan,Metalurgi,Oseanografi & Meteorologi bisa prospek ke Perusahaan Minyak juga ?
    terima kasih

    • kalau masalah peminat, memang yang paling diminati teknik perminyakan. setelah itu baru teknik pertambangan dan teknik geofisika hampir sama peminatnya.
      t.metalurgi itu baru terbentuk tahun 2004an kalo saya gak salah, pecahan dari t.pertambangan.
      semua jurusan sebenarnya bisa saja berprospek ke perusahaan minyak. karena perusahaan minyak juga membutuhkan banyak aspek, tidak hanya masalah eksplorasi migas, tp juga masalah keuangan, IT, dll.

  30. (setelah sy membaca profile kakak,yang ternyata dari jurusan Teknik Geofisika 2008).apakah tingkat persaingan di FTTM ITB untuk mendapatkan jurusan favorit,paling ketat di antara fakultas atau sekolah lainnya ?untuk tiap2 jurusan berapa kapasitas mahasiswanya ?
    oh iya ka’,setahu dari teman2 & yg sy baca juga,ITB suka men-DO mahasiswa nya…
    yg menjadi penyebab hal seperti itu dapat terjadi apa ya ka’ ?
    apakah untuk masuk ke ITB,kita tidak hanya memiliki modal rajin saja,tetapi mungkin juga memiliki kemampuan yg tergolong jenius ?

  31. kalo boleh dikatakan, tingkat persaingan mendapatkan jurusan fav di FTTM sangat ketat. Serupa dengan FITB yang mayoritas memilig T. Geologi. tetapi, sejak tahun 2009, terjadi peningkatan minat yang sangat besar pada jurusan T.Geofisika. karena memang jurusan ini ke depannya dinilai sangat prospektif dan akan berkembang pesat.

    kalau masalah DO, memang ada peraturan akademis. seperti pada aturan mulai angkatan 2009, kuliah di ITB hanya boleh 5 tahun dengan nilai2 yang ditentukan minimumnya.
    tetapi, asalkan kita serius mengikuti perkuliahan, praktikum, dan ujian, insyaAllah, tidak akan ada masalah. tidak perlu jenius, yang dibutuhkan adalah semangat yang konsisten.

  32. ada lagi ka’…
    sy lupa sumbernya darimana atau mungkin saja salah baca…
    kalau kita pernah kuliah di ITB,lalu kemudian terkena DO,kemudian kita mengikuti ujian masuk ITB kembali,semacam USM atau SNMPTN dan dinyatakan lulus,maka saat nanti kita mendaftar kembali di ITB,kita tetap tidak akan diterima & diproses,baik pada semua jenjang program.Karena status kita sudah terkena DO di ITB pada sebelumnya,karena ada beberapa teman sy yg pernah kuliah di ITB,lulus ITB kembali,namun tidak diambil

    • setau saya juga begitu. jadi di ITB ada sistem blacklist. meskipun tidak di DO tp misalnya mengundurkan diri, tetap tidak bisa mendaftar pada jurusan atau fakultas manapun.

  33. kakak2 doakan saya . saya mengikuti usm 1 dan pilihan pertama saya FTTM ITB . doakan bisa diterima langsung ya . Mohon doanya .

  34. Salam kenal kak, saya dari FTTM 2009, ingin bertanya apakah ada persyaratan IPK minimal untuk masuk TG?
    Saya jujur sangat ingin masuk TG.
    Dulu saat masuk FTTM, yang ada di benak saya hanya T. Perminyakan, tapi setelah mengikuti mata kuliah PTSB, saya menjadi lebih suka dengan T. Geofisika.

    • wah, syukurlah kalau dengan belajar ilmu-ilmunya jadi terbuka pikirannya untuk memilih, karena sebenarnya dengan cara seperti itu apa yang kamu jalani akan menjadi lebih total, semoga ke depannya. kalau di tahun saya, selama kamu menjadikan TG pilihan pertama, semoga bisa kok. tapi kalo sudah dipilihan ke dua, IP 3,1x juga bisa terancam. karena memang ada yang terdepak karena TG di pilihan ke dua.

  35. assalamualaikum kak,
    saya skg klas 3 sma, rencananya mau pilih prodi berbau pertambangan gt,,
    tp saya agak ragu karna nilai fisika saya gx bagus2 jg nih kak,standar laah.
    trus saya kan cewek, apa nanti bs mmperkecil peluang kerja ya nanti kalo cr kerja berbau pertambangan??

    • waalaikumsalam dina. jangan takut kalau masalah nilai fisika. dulu saya paling lemah di pelajaran fisika. sejak kls 1 sma. saya baru memperkuat fisika di smes.1 kuliah. jadi di kuliah, kita sama2 mulai dr 0 lg ttg fisika. jangan takut. kalo masalah perempuan di dunia pertambangan, skrg sudah hampir tidak ada perbedaan lg. karena yg dibutuhkan adalah kemampuannya bukan jenis kelamin. jadi selama ada semangat dan kerja keras, dunia pertambangan insyaAllah akan selalu terbuka untuk kamu yg mau selalu berusaha dan bekerja keras. good luck. :)

  36. oo gt..
    makasih kak supportnya :D
    bentar lg aq mw ikut simak ui,,
    ambil jurusan fisika jg,,trus penjurusannya nanti mw k geofisika :D
    pengen jg c coba tes usm itb terpusat,tp biaya pndaftarannya itu loo,850rb,,wkwkwk..

    oia kak, kalo bisa share donk pengalaman or trik2nyalah yg kira2 bs mmperbesar peluang ktrima d fisika ini..makasih sblumnya :)

    • sama dina. wah sukses ya, bagus kalau mau ambil fisika ui. smoga nanti sukses bisa kuliah di sana dan bisa kerja sesuai dengan yang diharapkan.
      coba ikut aja usm itb. ga ada salahnya, siapa tau jalan kamu di itb. kita kan juga ga pernah tau.

      kalo pengalaman saya sih pas ikut UMB UI (namanya dulu pas 2008), saya bener2 ikhlas, gak berharap terlalu besar. yang penting udah belajar dan berdoa mati2an. kuncinya emang berdoa mati2an. soalnya saya tau kalo belajar mati2an saya pasti ga sanggup. nah, pas pengumuman keluar, saya Alhamdulillah diterima di teknik lingkungan. tapi, berhubung pengumuman USM terpusat ITB udah keluar duluan dan alhamdulillah saya juga diterima di fakultas saya skrg, jadinya saya ambil ITB yg memang sudah jadi impian saya.

      saran saya, tetapkan impian kamu dari skrg, fokus pada impian itu dan plan B kalau plan A kamu gagal, ikhtiar, ikhlas, sisanya serahkan pada Allah. insyaAllah kamu akan menjalaninya dengan lancar. sukses ya :)

  37. iyah :D bole jg sarannya,,
    makasi kak hada :D
    mudah2an aq bs ketemu jalanku secepatnya, lancar, n lulus….
    amin ya rabbal alamin :)
    kak hada jg ttp semangat aja ya kuliahny :)

  38. ass, hai salam kenal yaaaa :) gmn kuliah kamu? kenalin aku salah satu mahasiswi UPN jogja teknik geofisika . semua teknik itu bagus kok, tinggal usaha kita aja .good luck yaa buat ntar k dpannya, smoga apapun itu keputusan kmu itu adalah keputusan terbaik dari semua keputusan terbaik itu . dan ALLAH lah yang mengatur segalanya . wass

    • salam kenal juga febi. kuliah saya alhamdulillah sejauh ini menyenangkan.. amiin. semoga apapun itu yang terbaik selalu akan datang pada kita dari Allah.

  39. Asslmkum..
    halo2 smuanya,,
    mas/mbak sy mw tanya klo prospek geofisika bnyak dilirik gk..? (mksudnya bnyak gk yg nyariin lulusan geofisika dr prusahaan)
    kira2 5 thn kedepan gmna..??
    cz saya msh bingung sy dpt d geofisika dan tk elektro..

    ada yg punya saran…??
    plis bgt ye..
    maaf kbanyakan nanya…
    wasslmkum

    • kalau geofisika bidang kerjanya bisa bermacam2, tergantung spesialisasi yang diminati.. jadi jangan takut ga dpt kerja. blm lagi metode geofisika dalam eksplorasi migas sedang berkembang, sehingga perusahaan2 eksplorasi pasti akan membutuhkan keberadaan geofisikawan.

  40. ass,
    mau nanya banyak nih kang
    sbenernya apa sih bedanya perminyakan & geofisika?
    apa aja yg di dalemnya? + apa yg ngbuat akang lbih trtarik ke geofis?
    karena sepertinya saya akan mengalami kesulitan yg sama seperti akang, hehehe :D

    • waalaikumsalam.
      kalau teknik perminyakan lebih mengarah ke produksi saat dan pasca pengeboran. sedangkan teknik geofisika lebih mengarah kepada eksplorasinya.
      yang membuat saya lebih tertarik ke geofisika adalah metode2 yang digunakan dan pelajaran2 di geofisika lebih menarik buat saya.. :) belum lagi ke depannya menurut saya, metode geofisika akan berkembang sangat pesat.

  41. terima kasih atas pandangannya :)

  42. kak saya mau tanya
    bgusan mana teknik pertambangan atau perminyakan terus
    kalau di pertamina yng sebagai kordinator trus penelitian minyak gt jurusan apa yang memang bidangnya trus untuk pkerjaan mana yang banyak di butuhkan atau langka gt

    • Imdul, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya pada blog ini juga ketertarikannya pada dunia perminyakan.
      Saya sengaja jawab di sini juga agar teman2 yg lain juga bisa ikut baca.
      Teknik Pertambangan secara umum mempelajari masalah eksplorasi dan eksploitasi bahan2 tambang, seperti emas, batubara, dll, terkecuali minyak dan gas bumi. Sedangkan Teknik Perminyakan, itu mempelajari eksploitasi minyak dan gas bumi serta hasil2 sampingannya. Jadi, sebenarnya kedua bidang ilmu ini berbeda.
      Kalau ditanya mana yang lebih dibutuhkan, pada faktanya, kedua bidang pekerjaan ini tidak saling berhimpitan. Sehingga pandangan mengenai kebutuhan mana yang lebih dibutuhkan, tidak bisa dibandingkan. Begitu, Imdul. Semoga membantu, dan sukses selalu.

  43. pemilihan jurusan yang bagus. dalam beberapa tahun kedepan prospek geofisika sangat bagus. selamat

  44. Hlo mas salam kenal, saya juga minta info & saran via email juga. (soalnya dicari-cari infonya tdk share di blog)
    Apakah jurusan IPS di SMA bisa masuk Teknik Perminyakan, kalo bisa caranya bagaimana?
    Saya & saudara dari program IPS di SMA tapi kita pingin sekali masuk teknik perminyakan.
    Dan bagaimana peluang untuk masuk perminyakan itb?
    (need ASAP. makasih yah sebelumnya, untuk infonya)
    -Eufrasia
    justanordinarygirl07@yahoo.com

    • kalo melalui SNMPTN, bisa masuk Teknik Perminyakan, kalau ambil IPC. kemungkinannya sama saja, asal usaha dan doa nya tidak pernah putus..

  45. kakk,, saya skrg uda klas 3 SMA, saya juga punya cita2 dari SMP mau masuk FTTM ITB..
    Tapi, saya perempuan,,
    dan saya mau tanya di FTTM ITB itu da cewe ga ??? bagus ga kalo cewe masuk disana???

    trus prospek kerjanya apa aja, kakk???
    buat artikel nya keren bangettt,,,
    saia suka dengan hal yang dipikirkan dan dilakukan ama kakakk,,,
    GREAT !!!

    mohon di reply ya kakkk… :)

  46. UGM jga punya prodi Geofisika sejak 80-an, udah pisah

  47. mas kalo jurusan IPS bisa masuk jurusan teknik pertambangan dan perminyakan atau jurusan teknik geofisika gak ? soalnya saya pengen banget masuk jurusan itu dan kuliah di ITB karena prospek kerjanya bagus jurusan itu tolong bales mas ke email saya priey_SMAN2@yahoo.co.id

    makasih sebelumnya mas ..

  48. Welwh…welwh..
    baru baca , ketemu ini di google.
    Sekarang udh beneran TERRA ya….
    hahhaha TERRA 3x

  49. Hai kak, aku kebetulan ktm blognya di internet. Aku skrg kelas 2 SMA IPS dan kebetulan ingin mengejar masuk TM ITB.

    Aku ingin tau ada cara supaya bisa masuk TM dgn rapor IPS atau tidak? Soalnya dari ITBnya sendiri tertera memang harus lulusan IPA. Tolong e-mail di tenacious.odds@yahoo.com ya kak, terimakasih kak :)

  50. Assalamualaikum, Kak, cma mau ngasih tau aja, Teknik geofisika juga smnjak 07-08-09 uda ada di Universitas Lampung, nah saya mahasiswa angkatan 2010 jdi alhamdulillah sdah brtambah satu lagi teknik geofisika di Indonesia.. dulu jg sya wktu msh SMA impian sya masuk Teknik Perminyakan ITB, tpi stelah brkonsultasi dgn guru BP dn orangtua, akhirnya malah sya tertarik jg masuk T.Geofisika setelah sya tahu bhwa teknik geofisika jg trnyata brprospek ke dunia permnyakan, kalau dulu kan sya tauna geofisika tuh cma ngurusin gempa ama gunung berapi. hehe

  51. misi om…
    numpang nanya pernah gak ada ceritaya anak ips masuk fttm itb
    kalo ada di share dong
    biar rame…

    thanks

  52. apakah Teknik Geofisika itu sangat sulit dipelajari?

  53. Asm wr wb. saya masih galau antara dua jurusan juga,TM-TA. gimana ya biar ga galau lagi? saya bingung harus tanya ke siapa lagi, krn saya tanya ke siapapun tetap ga bisa meneguhkan hati ke satu jurusan

    • waalaikumsalam w.w.
      nah, mungkin kalo tanya saya sama aja bohongnya, mendingan kalo udah buntu dan bener2 bingung stlh usaha memantapkan hati, kalau kamu muslim, solat istikharah. kalau non muslim, silakan berdoa agar Tuhan membimbing kamu. yang terpenting adalah, setelah kamu melakukan observasi terkait “apa yang kamu inginkan” dan meneliti apakah jurusan2 itu sesuai dngan apa yang kamu inginkan tersebut.

  54. Ternyata lelek punya bakat menulis yg luar biasa ya. Kok gak nurun ke imim.

  55. kak mahasiswa FTTM ada yang perempuan ga??
    Mohon balasannya ya kak :)

  56. maaf aku mau tanya, kalo dari jurusan ips bisa gak masuk teknik pertambangan atau perminyakan ? kalo bisa caranya gimana ? makasih
    atalie_henza@ymail.com

  57. Saya Edu,
    sekarang saya baru duduk di bangku kelas 12, dan mau fokus ambil FTTM ITB,
    tadinya mau masuk situ cuma karena kepingin kerja di perusahaan minyak, tapi setelah baca sharing dan jawaban2 bang Hada dari tiap pertayaan di sini, saya jadi tambah tertarik untuk masuk FTTM, dan ga sabar, kalo udah masuk sana (amiiin), akan lebih tertarik ke t. perminyakan atau t. geofisika.

    Terimakasih banyak buat artikel keren ini dan semua pertanyaan yang bang Hada jawab satu persatu, jd semua pertanyaan saya udah kejawab semua. appreciate it! Two thumbs up! goodluck kuliahnya bang.

  58. assalamualaikum kak.. saya mahasiswa fakultas geofisika UGM. baru masuk tahun 2012. tapi saya pngn coba lagi masuk tahun depan ke FTTM. nah apa pluang buat alumni sama bsar dengan yang baru lulus kak? setelah itu kuliahdi ITB katanyya mahal ya kak? bner gak? kira” persemester habis brapa kak?

    • kalau masalah peluang, saya rasa semua orang punya kesempatan yang sama asalkan sama-sama berusaha dan berdoa. kalau masalah biaya, di ITB banyak beasiswa kok, jadi jangan takut tersandung masalah biaya, yang terpenting kamu jaga mimpimu terus. supaya gak berhenti di tengah jalan. semangat!

  59. assalammualaikum kak..
    saya pelajar SMA, teknik geofisika itu hanya ada di itb saja ya kak? sebenarnya saya sangat amat berminat masuk jurusan ini..
    hmm bagaimana pendapat kakak tentang teknik geologi? bukannya itu berkaitan jurusan ips ya kak(geografi)? apa prospeknya bagus buat kedepannya kak?
    oiya email saya kak..
    fitriyanaaa@rocketmail.com
    terimakasih banyak sebelumnya
    wassalam..

  60. assalamualaikum

    kenalkan bang. saya aris fttm 12, sepertinya apa yang abang rasain dulu sama seperti yang kurasa bang 90% mirip. hanya bisa usaha mengejar uts2, dan terus berdoa semoga ditunjukkan jalan yang terbaik oleh Allah SWT.

    btw apa kabar bang? sekarang kerja dimaja? atau berwirausaha? atau masih sibuk dg tugas akhir?

  61. semoga tahun ini saya juga bisa masuk sana mas, amin.

  62. assalammualaikum bang.
    saya maba Teknik Geofisika di UPN Jogja. menurut abang gimana sih prospeknya bang ? saya masih simpang siur tentang prospeknya bang. terima kasih

    • Teknik Geofisika, di Indonesia, masih banyak terserap di industri Migas/Pertambangan. Walaupun, nanti pada faktanya di lapangan, akan banyak industri yang memerlukan keahlian Teknik Geofisika, seperti studi Gempa Bumi, Gunung Api, dll. Mengenai prospek, menurut saya bukan sekedar adanya lapangan pekerjaan untuk kita. Melainkan, apa yang kita minati dari subbidang Teknik Geofisika yang pernah kita pelajari selama kuliah, atau pengetahuan dari luar. Temukan dengan baik apa yang menjadi daya tarik utama kita, kemudian cari peluangnya di luar sana.

      Semoga sukses.

  63. Salam kak. Saya Maba FTTM baru 2013. Nice blog kak :)
    I am searching such this blog,sharing to another. Jujur saya masuk FTTM bukan pure passion saya kak. Orangtua pengen bgt anaknya masuk kesitu. Senang kalau kakak bisa berbagi pengalaman selama TPB FTTM. Semoga berkah kak :)

  64. Bang hada sya mw tnya? Skrng sya siswa SMA kelas X
    sjak kcl sya snang dg t.pertmbngn. sya ingn brtnya Apakah ank Ips bs mask ke FTTM? Mohon beri penjelasan di e-mail sya kikiathifa@yahoo.co.id harap dibntu bang trmksh

    • setahu saya untuk jalur mandiri tidak bisa. namun kalau dari SNMPTN mungkin bisa mengambil IPC. kalau masih ada program ini ya :) sukses.

  65. ka Muhammad Cipta Suhada saya sudah kelas 12 SMA IPS masih binggung mau masuk fakultas pertambangan, kira-kira bisa gak ya anak ips masuk pertambangan ka? jawabnya di email saya aja ya ka. annisahay24@gmail.com

    • setahu saya, untuk ITB jalur mandiri tidak bisa dari IPS. namun untuk universitas lain, kemungkinannya masih ada. coba ditelusuri di web tiap2 kampusnya ya :) sukses selalu.

  66. apa anak SMK jurusan otomotif bisa masuk FTTM ITB?

  67. nanti teknik geofisika software yang di pakai apaan aja ya

    • wah banyak kok, kami banyak menggunakan software. waktu jaman saya ada ProMAX, Tesseral, Grav2DC, Grav2D, Mag3D, IP2WIN MT, Geomodel, Reflexw, RES2DINV, Surfer, MATLAB, dll.

  68. misi kak, saya juga plinplan seperti kakak, mau teknik perminyakan atau teknik geofisika. persis seperti kakak. boleh ga kakak share keunggulan geofisika daripada perminyakan? terus kakak masuknya ke geofisika di bidang migas atau tambang atau apa kak?

    • Geofisika lebih kepada ilmu fisikanya, jadi kalau kamu suka fisika, ada baiknya masuk fisika. kamu bisa cari2 tahu, kalau geofisika itu ilmunya diaplikasikan untuk mencari lokasi/posisi cadangan migas. dilakukan sebelum eksploitasi dimulai. setelah mulai dieksploitasi migasnya, barulah menjadi tanggung jawab teknik perminyakan. jadi pertimbangan ilmunya juga berkaitan. semoga sukses!

  69. Rame juga ya da, di blogku juga sama banyak yg nanya2. Padahal cuma 1 post yg nulis soal TG hahaha.
    Sukses bang dimanapun sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s